Bahaya Kurang Vitamin A Pada Ibu Hamil

Yang Termasuk Calon Ibu Hamil Berisiko Tinggi & Cara Mengatasi

Kekurangan zat tertentu dalam tubuh tentu berakibat buruk, salah satunya vitamin. Kurang vitamin mengakibatkan proses pertembuhan terganggu. Hal ini bisa lebih parah apabila kekurangan vitamin terjadi pada ibu hamil. Selain proses pertumbuhan janin yang terganggu, kekurangan vitamin A bisa menjadi pemicu hamil anggur. Bila hal ini dibiarkan, hamil anggur bisa menuju kanker yang mematikan.

Berdasarkan penelitian Guru Besar Tetap FKUI, Prof Dr dr Andrijono, SpOG (K), dari republika.co.id, kekurangan vitamin A menjadi faktor utama yang bisa menyebabkan hamil anggur. Lebih tepatnya, resiko hamil anggur lebih tinggi pada wanita muda dan pada masa kehamilan pertama.

Lebih rinci lagi, menurut beliau wanita yang kekurangan vitamin A lebih besar sebanyak 6,8 kali lipat dari wanita cukup memiliki potensi hamil anggur. Angka tersebut masih bisa meningkat sebanyak tujuh kali pada wanita yang hamil pertama kali.

Ternyata, kekurangan vitamin bukan pada masa kehamilan. Berdasarkan penelitan, Andrijono wanita yang mengalami hamil anggur mengalami kekurangan vitamin A jauh sebelum masa kehamilan. Pernyataan ini berdasarkan fakta sebanyak 73,13 persen penderita hamil anggur mengalami kekurangan vitamin A.

Berdasarkan penelitian ini pula, Andrijono mengatakan pemberian vitamin A bisa meningkatkan nilai kematian sel hamil anggur secara fisiologis. Jadi, pemberian vitamin A sangat tepat untuk mensitmulasi pemulihan pada penderita hamil anggur.

Dengan begini, kita yang belum pernah hamil atau baru merencanakan kehamilan harus peduli pada asupan gizi dan nutrisi. Kekurangan satu zat saja bisa menjadikan wabah yang berbahaya semacam ini.

Informasi kehamilan :

Informasi Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>